Kapan Maulid Nabi Petama Kali Diperingati

Maulid Nabi

Pada Tangga 12 Rabiul Awal sebagian umat muslim merayakan Maulid Nabi Besar Muhammad SAW, sedangkan para ulama sedunia sepakat bahwa Peringatan Maulid Nabi Muhammad tidak pernah diadakan atau dilaksanakan di masa Nabi bahkan Khulafaurrasyidin, jadi kenapa Peringatan ini dilaksanakan sedangkan nabi tidak pernah memerintahkan umatnya untuk mengadakan Peringatan ini, dan kapan awal mula diadakannya peringatan ini? disini saya akan sedikit mengupas tentang Kapan Maulid Nabi Muhammad pertama kali diperingati dan oleh siapa?

Al Maqrizy (seorang ahli sejarah islam) menjelaskan dalam kitabnya “Al khutath”  bahwa maulid Nabi Muhammad SAW  mulai diperingati pada abad ke-IV Hijriyah oleh Dinasti Fathimiyyun di Mesir. Dinasti Fatimiyyah berhasil menguasai mesir diawal tahun 362 H yang dipimpin oleh Raja Pertama dinasti ini Al Muiz Lidinillah. Tentunnya diawal mula kepemimpinannya sang raja membuat banyak perayaan dan salah satunnya adalah “perayaan hari lahir” saat itu raja membuat peringatan hari lahir 6 orang sekaligus dalam satu peringatan yaitu hari lahirnya Nabi Muhammad SAW (maulid Nabi), hari lahirnya Ali bin Abi Thalib (Menantu Rasulullah SAW), hari lahirnya Fatimah (Puteri Nabi Muhammad SAW), hari lahirnya Hasan dan Husein (Cucu Nabi) dan juga hari lahirnya Raja Sendiri yang saat itu sedang berkuasa.

Namum pada tahum 487 H ketika sang raja wafat dan digantikan oleh Raja Al-Afdhal dibawah perintahnya peringatan enam hari lahir tersebut dihapuskan dan tidak diperingati lagi, raja ini memimpin dinasti Fatimiyyun sekitar 28 Tahun dan meninggal pada tahun 515 H.

Setelah wafatnya Raja Al-Afdhal Tahun itu juga raja baru dilantik pada tahun 515 H yang bergelar Al Amir Liahkamillah, Raja baru ini mengikuti jejak raja pertama dinasti ini, dia menghidupkan kembali peringatan 6 Hari lahir itu, semenjak itu peringatan ini terus berkembang dari tahun ketahun dan dari Dekade ke dekade sehingga sampai saat ini peringatan itu masih dilaksanakan dengan sedikit pembaharuan. sekarang peringatan 6 hari lahir itu sudah diganti secara bertahap menjadi Maulid Nabi Muhammad SAW, dan bahkan sekarang ini, Peringatan ini bukan saja diperingati di Negara Mesir saja tapi juga diseluruh Negara Muslim didunia termasuk Indonesia, namun tentunnya banyak perbedaan Cara Memeringatinnya ada yang dengan Dzikir, Tausyah dan lain lain semua itu tergantung kepada adat suatu negara.

coretan, Selasa 1 Februari 2012
kamar tidur 09.53 PM
terima kasih

10 thoughts on “Kapan Maulid Nabi Petama Kali Diperingati

  1. ikut komnntar nih dikit dan singkat. kebanyakan pendaptt ulama menyatakan mengadakan perayaan maulid itu hukumnya bid,ah hasan yg berarti baik.

    • ia prima betul sekali
      makannya di Indonesia banyak peringatan maulid yang dilaksanakan di tempat-tempat dan di isi oleh tabligh-tabligh yang bermanfaat untuk umat

  2. Bismillah…
    Walau bagaimana pun, sejarah bukanlah sumber yang qathi sehingga dapat dijadikan dalil dalam berhujjah (terkecuali sejarah yg ada dalam al-Qu’an), dikarenakan penulisnya sendiri adalah seorang manusia yang merupakan tempatnya salah, terlebih lagi lupa (ansi). Jadi hati-hati ketika posting sebuah tulisan.

    • disini penulis tidak menampakkan pro dan kontra tentang Maulid Nabi apakah bid’ah atau bukan.
      secara garis besar penulis hanya memberitahukan awal mula maulid nabi dan siapa kah pemulannya.

      Jadi ini hanya generalnya dituliskan.
      untuk referensi akan saya kirimkan via email

  3. sepengetahuan dari sejarah ,,,, nenek moyang…
    peringatan maulid itu pertama kali di adakan pada pemerintahan dinasti umayyah , sebenarnya pada masa itu memang bekum ada satu pun yang memperingatinya .Singkat cerita pada suatu hari ada seorang dari pengawal raja entah pesuruh kerajaan yang menjaga kuda, anak dari raja ini bermain kuda namun karna kelalaian sang pesuruh ini sehingga membuat anak raja terbunuh karna kuda tersebut,jadi dya kan di hukum mati karna nyawa harus di bayar dengan nyawa apabila itu terdapat unsur kesengajaan. singkat cerita pesuruh tersebut berdoa kpda apabila dya di bebaskan dari hukuman nya maka dya akan mengeluarkan seluruh harta nya untuk memperingati hari lahirnya nabi..
    dya pun terbebas dari hukuman nya karna nanyak dukungan dari para penghuni kerajaan …..
    jadi itukah hari pertama di mana di adakan peringatan maulid nabi…. terima kasih….

    • tentu banyak referensi yang berbeda karena ini adalah sejarah.. namun setiap sejarah pasti ada satu referensi yang mencatatnya sebagai salah satu kejadian yang betul dan dianggap benar.
      tulisan ini berdasarkan Kitab Al Quttab yang juga saya sebutkan di tulisan itu….
      banyak pendapat lainnya yang berbeda namun juga mempunyai referensi yang kuat seperti
      Al Maqrizi dalam kitabnya “ Al-Mawa’idz Wal I’tibar Bidzikril Khuthath Wal Aatsar yang berpendapat bahwa yang pertama mengadakan Maulid adalah Ubaidiyyun dan masih banyak yang lain.
      namun disini penulis lebih memilih ke buku Al Quttab karena beberapa alasan sehigga penulis menulis tentang pendapat buku itu karena memang Penulis lebih mengetahui tentang buku itu.

      namun pada hakikatnya tidak ada yang salah.
      karena itu semua pendapat yang dituliskan sejarah.
      terima kasih

      • yang ingin saya tanyakan.
        Kenapa yang diperingati lahirnya nabi Muhammad. Saw. bukan wafatnya.

      • wah betul juga tu ya. kenapa tidak diperingati wafatnya Nabi Besar Muhammad Saw. padahal itu kan sejarah besar ya
        jika ada yang tau tolong di share ya
        atau nanti jika sya dapat jawabannya secepatnya saya bagi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s