Nasehat Dari Bintang

Saat Bintang Kulihat bersinar

semuacoretan

Kawan!, ketika kau lihat bintang, maka kau akan mengira bahwa menjadi bintang itu sangat menyenangkan. bisa menyinari dunia dengan kelipan sinar indahnya, bisa membuat beberapa orang melihatnya tersenyum karena senang menatap cahayannya dan diperhatikan oleh ribuan manusia khalifah bumi dari seluruh sisi jagad Dunia. memang indah, aku juga menyadari hal itu betapa indahnya dan senangnya hati kita jika menyenangkan hati orang orang yang melihat kita, tapi ada satu sisi yang kita lupakan dari setiap bintang yang bertabur dilangit ketika malam hari, mereka juga pasti pernah bersedih.

Ketika malam tiba semua bintang akan bersinar seterang mungkin untuk menyinari dunia dengan sinar kerdilnya, setiap bintang akan mencoba untuk menjadi yang terbaik dan menjadi icon bintang yang menarik perhatian manusia, bintang yang satu akan menyaingi bintang yang lain untuk terus bersinar karena manusia hanya melihat satu bintang yang paling menarik hati diantara jutaan bintang yang lain. Dan taukah kita bahwa jutaan bintang itu akan minder dan sedih karena tak dilirik oleh mata manusia? ya mereka akan terus menangis dan meratapi nasibnya sebagai bintang kecil yang tak berdaya sehingga sinarnya akan terus memudar dan menjadi sirna. namun diantara mereka ada beberapa bintang yang tak mau menangis, mereka menganggap kekalahan itu bukanlah karena takdir tapi karena usaha, dan mereka terus bangkit dan mencoba untuk tetap bersinar meski dengnn sinar yang kecil, namun lama kelamaan sinar itu akan menjadi sinar bintang yang berkelap kelip menyilaukan manusia.

Para bintang yang bersinar terang juga tidak sepenuhnya bahagia, kegembiraan yang mereka pancarkan dalam sinar kelap kelipnya terkadang membuat mereka hanyut dalam alusinasi kebanggaan semu. mereka kira merekalah orang orang yang menang dan akan terus menjadi kebanggaan manusia. Tapi sayang ketika mereka terbuai dalam suasana hati gembira, pagi pun tiba dan sang matahari datang kembali menyapa pagi dengan nyanyian seluruh binatang menyambutnya merdu dan keramaian manusia menyapannya bahagia, kini bintang yang terkuat tak berguna lagi bagi manusia.

Para bintang binatang pun sedih tak tergambarkan, mereka mengutuk nasib dan melaknat takdir, tapi tak ada guna, karena memang mereka kecil dan tak ada guna apa apa jika belum saatnya.

Jika seandainya kamu adalah salah satu dari bintang bintang itu kawan! maka jangan sesekali kamu anggap kekalahan itu adalah akhir dari semuannya karena jika kamu lemah dan terus menyesali hidup maka yang hadir dalam hidupmu adalah perasaan lemah tak berdaya, dan itulah yang akan menjadi duri yang selalu menusuk disetiap usahamu. karena kamu tidak akan pernah berhasil dengan perasaan minder dan tampa mencoba kembali.

Namun jika kamu telah menjadi bintang yang kuat dan bersinar terang, yang mampu menarik pandangan manusia dimalam hari, jangan bertingkah sombong kawan! karena suatu saat pasti ada yang akan lebih besar dari kamu dan lebih kuat. jika kamu merasa bahwa apa yang kamu dapat sudah paling tinggi dikomunitasmu dan patut disombongkan, maka ketahuilah kawan! bahwa sinar bintang bintang sekalipun bukan kepunyaan bintang itu sendiri, semua itu ada yang punya dan yang terpenting pemiliknya bukan kita. begitu juga dengan apa yang kamu dapat dan apa yang telah kamu punya!.

wassalam

coretan, Rabu, 2 Feb, 2012
diruang tamu kosan.
pagi hari 10.42 AM

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s