Aku Ingin tidak hanya Menjadi Pendengar

aku sang pendengar

curhatku

Aku mungkin hanya merasa sendiri meski banyak orang orang yang berada disampingku. aku ga tau sebetulnya apa yang membuat aku seperti duduk didalam sebuah ruangan yang hanya dipenuhi wajah orang orang yang tak kukenal meskipun mereka begitu dekat denganku. aku heran pada diriku sendiri, namun aku juga tidak bisa memungkiri mungkin itulah diriku. sering kali orang orang bertanya kenapa aku lebih memilih sendiri. itu hanya karena aku tidak begitu nyaman berada dalam keramaian. orang orang menggapku aneh mungkin. tapi keanehan yang tidak begitu bisa kujelaskan sendiri membuatku begitu nyaman.

Pada dasarnya hal ini tidak begitu aku inginkan aku bahkan lebih mau tertawa bersama, tersenyum bahagia bersama, dan juga berbagi kesedihan bersama. aku sadar sebetulnya aku juga tidak mampu menampung semua beban pikiranku sendiri. tapi entahlah, mungkin itulah hidup. tidak semua yang kita inginkan diberikan oleh Tuhan. aku yang ingin bercerita panjang lebar kepada orang orang yang mau mendengarkanku malah lebih nyaman duduk diruangan sempit dan panas dan menulis curhatanku didalam rangkaian kata yang kuperindah seindah indahnya. mungkin diluar sana ada orang yang pingin menjaga rahasia dirinya ataupun rahasia orang lain, namun dia tidak bisa menjagannya. itu semua karena tidak semua yang kita inginkan baik bagi diri kita.

Selama ini aku masih berperan sebagai pendengar yang baik bagi semua kawan kawanku. dan aku juga yakin kalau mereka juga senang mendengarkan seluruh curhatanku. tapi sebetulnya di dalam lubuh kati yang paling dalam aku juga tidak begitu ikhlas hanya bisa menempatkan diri sebagai pendengar setia, tapi aku juga ingin menjadi orang yang didengarkan dan dipahami. tapi itu bukan salah mereka bukan salah orang orang yang dekat bersamaku. itu semua salahku. salahku kenapa tidak pernah bisa menjadi pembicara yang handal jika ada sebuah masalah. salahku kenapa tidak bisa menjadi manusia yang suka berbagi baik suka maupun duka. itu juga salahku kenapa tidak bisa merubah kepribadianku dari tertutup menjadi peribadi yang suka berbagi.
sekarang aku masih seperti yang dulu. seperti dulu ketika aku suka mendengarkan cerita orang orang disampingku. seperti dulu dimana aku selalu menjadi tempat berbagi bagi sahabat sahabatku. aku suka ketika mereka berbagi masalah mereka bersamaku. dan aku juga yakin mereka juga senang membantuku ketika aku mempunyai masalah yang tak bisa kupikul sendiri. tapi

Sekali lagi semua ini salahuku. dan tak ada yang bisa disalahkan melainkan diriku. mungkin jika tuhan merubahku menjadi orang orang yang bisa membicarakan masalah mereka bagi semua orang, atau menjadi orang orang yang mau berbagi baik suka maupun duka. aku sangat ingin meceritakan seluruh isi hidupku kepada orang orang yang selalu dekat denganku. orang orang yang selalu sayang kepadaku.
mungkin itu masih lama, mungkin itu tidak pernah terjadi atau itu hanya hayalanku. ENTAHLAH!

curhatku
DI BEM STKIP BBG
85/12
Mulyadi

2 thoughts on “Aku Ingin tidak hanya Menjadi Pendengar

Leave a Reply

