Bahasa Hatiku

mulyadi

suara hatiku

Tak banyak perasaan yang bisa dicurahkan meskipun dalam beribu kata yang telah dirangkai. tak semua hal yang kita ingin sampaikan bisa sampai dengan jelas. meskipun hembusan angin mulai berbicara, ataupun rintik hujan sudah mengandung makna, dan sayupan burung bukan hanya sekedar irama juga tidak bisa menjamin semua yang anda rasakan bisa diungkapkan, karena hati kita indah, hati kita hebat sehingga tak semua bahasa hati bisa diterjemahkan meski menggunakan bahasa alam dan manusia.
alam hanya bisa menggambarkan suasana hati, namun tak bisa memberikan arti yang jelas bagi setiap rintihannya. desusan angin menggambarkan kesedihan hati, rintikan hujan menggambarkan rintihan hati, terik matahari menggambarkan amarah yang tinggi dan kicauan burung menggambarkan hati yang sunyi.

Namun kali ini beda. aku rasa cukup dengan satu kata aku sudah bisa menjelaskan rintihan hatiku. hatiku menangis, merintih, bahagia, tertawa, tersenyum ataupun rasa sunyi tak perlu menghabiskan satu lembar kertas kecil untuk menuliskannya. aku hanya butuh satu kata. aku hanya butuh beberapa huruf untuk menggambarkan semua.

Aku terduduk disela tawaku, aku menjerit disela tangisku, aku berpikir disela sepiku, aku tertawa diantara orang orang yang mentertawakanku. namun kini aku tak butuh kata kata itu lagi. aku tak butuh menyusun prosa yang indah yang menawan. aku juga tak butuh susunan kata yang indah. aku juga tidak butuh bait bait syair yang yang membahana pilu.

Yang aku hanya kubutuhkan tak lebih dari satu kata yang sama sekali tidak indah untuk dilihat dan dipandang, juga tak menarik untuk didengar dan diperhatikan. namun hanya itu yang bisa mewakili perasaan dalam hati. aku yakin. suatu saat nanti aku akan menemukan kata itu. kata dimana aku tidak perlu menghabiskan puluhan kata yang disusun dalam beberapa menit. dan bisa mewakili rasaku semuannya.

Dariku.sepiku
untukmu.gundahku
KNTOR BEM 85/2012
MULYADI

Leave a Reply

