Hari Pertamaku (kemedan)

hari pertamadimedan

Hari rabu ketika saya tiba dimedan, mobil mentari yang saya tumpangi ternyata tidak mengantarnya ketempat tujuan seperti yang dijanjikan. sopir agak sinting itu membawaku pergi keliling medan namun akhirnya aku bertanya “bang, kita kemana?” “adik mau kemana?” “ke adam malik” “aduh itu seharusnya berhenti disana, disitu ada mobil tapi sudah lewat” “kok gitu, kenapa ga bilang?” “kau kenapa ga nanyak?” namun gilannya sang supir tak merasa bersalah sedikitpun dia terus memacu mobilnya dengan kecepatan tinggi. dia tak berinisiatif sedikitpun untuk memutar arah mobil L300 itu kearah dimana ada angkot ke Adam Malik. aku pun diam kutunggu apa reaksi abang ini ketika nanti aku marah. “bang gimana ni? saya sudah lewat, kenapa tidak dibalik tadi kesana?” “kau ga bilang!”

Dia terus memacu mobilnya yang bau itu dengan kecepatan tinggi tampa sedikitpun melihat mukaku yang sudah memerah karena marah. “ya sudah bang! aku berhenti disini aja!” spontan si sopir Gumblek itu mengerem mobilnya dan menurunkan barangku disitu. aku turun dengan muka merah dan sambil merepet tentunya hehehe. mobilpun pergi meninggalkanku. aku sadar kalo aku belum bayar ongkos tapi sopir Gumblek asistennya yang sontoloyo itu agaknya sedikit agak amnesia bagai mana mungkin dia menurunkan ku disana dan dia lupa meminta ongkos. kerena sedikit ketidak puasanku akupun diam dan tidak mengingatkan mereka.

Aku terus pergi kearah sebuah becak dan mengadakan tawar menawar ongkos seperti biasa dilakukan oleh orang orang. “berapa bang?” “40 ribu aja!” “wah yang mahalan lah itu bang!” “jadi berapa?” “10 ribu aja ya!” heheh dalam hati akupun tertawa sedikit karena penawarankau yang kurang masuk akal dengan jarak yang lumayan jauh. “wah 10 ribu apa yang dapat? yang bagus lah nawarnya!!” “10 ribu dapat 2 bungkus obat nyamuk” jawabku. akhirnya aku setuju 20 ribu ongkos becak itu. ketika aku mau naik kebecak ada seseorang berlari kearahku. aku tidak mengenal lelaki semberaut itu, tapi aku kenal suarannya. itu kan si sopir gumblek tadi… Mungkin dia baru sadar kebodohannya meninggalkanku tampa meminta ongkos… “Ongkos!” teriaknya… “ini bang!” sembari aku menjulurkan tangan dari saku kiriku yang memang sudah disiapkan dari tadi “kenapa ga bilang kau, kalo belum bayar” “kenapa ga tanyak?” jawabku mengulang kata katanya tadi. dalam hatiku ada perasaan seperti baru menjuarai sebuah olimpiade karena telah berhasil membuat si sopir gumblek itu amburadul dengan badan penuh keringat. (jangan ditiru).

Akhirnya akupun berangkat dengan becak yang sudah menunggu tadi kearah USU Jl. Jamin Ginting. kami bercerita panjang lebat ditengah perjalanan dengan situkang becak. dia ternyata seorang perantau dari daerah “Jam Gadang” Padang sejak umurnya 10 tahun.

Begitu akrabnya kami bercerita akhirnya tibalah kebagian yang paling tidak kusuka, dia cerita tentang keluargannya dan curhat selama perjalanan tampa memberikakanku kesempatan sedikitpun untuk bercerita. dalam hatiku “mungkin dia tidak punya teman atau pacar dari dulu”.

Setelah sampai simpang USU aku berangkat naik angkot kearah adam malikdan akhirnya aku sampai disitu pas ketika Pak Eka diruang Poli sedang konsultasi dengan dokter. aku dijemput makyu kerumah yang sudah disewa. seharian penuh saya berada dirumah dan mengurus beberapa urusan di rumah sakit tetang masalah administrasi rumah sakit karena nenek tidak jadi dioperasi atas saran salah seorang doktor ahli tulang. penyakit nenek bisa disembuhkan insya allah tampa operasi. kami begitu senang, semua keluarga senang mendengar berita itu karena orang orang yang berada didaerah kami agak sedikit pobia mendengar kata kata operasi. itulah hari pertama saya sampai dimedan.

kosan.bandaaceh
Rabu,16.52012
selesai. 19.05.2012
mulyadi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s