“Sekolah Ramadhan”

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Semoga allah tetap melindungi kita dan menggolongkan kita sebagai orang orang yang taat dan patuh terhadap perintahnya amin.

Pagi ini tepat jam 07.00 wib, 2 syawal 1455 H bertepatan dengan 20 Agustus 2012 aku akan menuliskan sedikit tentang Bulan ramadhan yang baru dua saja dua hari berlalu sebelum penulis menuliskan coretan ini.

Setiap tahun kita selalu bertemu dengan sebuah bulan yang sangat dinanti nantikan oleh umat muslim sedunia, yaitu bulan ramdhan dimana allah melipat gandakan pahala dan mengurangi porsi dosa yang dilakukan oleh anak adam. bahkan rasulullah mengatakan jika seandainya umat muslim tau seluruh keutamaan-keutamaan yang terdapat dalam bulan ramadhan, niscaya mereka akan menginginkan seluruh bulan dalam setahun itu adalah ramadhan.

Bulan yang ditunggu tunggu ini adalah bulan TARBIYAH dimana semua umat islam yang beriman dilatih untuk menjadi kader-kader muslim yang akan digolongkan menjadi orang-orang yang menyandang gelar MUTTAQIN (orang orang yang bertaqwa).

Untuk menjelaskan keseluruhannya bulan ramadhan layaknya sebuah sekolah yang mana setiap muslim yang beriman wajib mengikuti sekolah ini. sebut saja sekolah ini bernama SEKOLAH RAMADHAN dimana setiap muslim akan digembleng dan dibina untuk bisa mendapatkan gelar yang sangat diharapkan oleh setiap muslim sedunia yaitu ALMUTTAQIN. namun sekolah ini bukanlah sekolah entengan didalam sekolah ini banyak sekali peraturan yang sudah diketahui oleh setiap anggota sekolah ramadhan. tua, muda, kaya, miskin dan seluruh kalangan masyarakat tau akan peraturannya. peraturannya disetiap harinnya ada dua bel yang akan berbunyi tepat pada waktunnya. bel pertama akan berbunyi lima menit sebelum menjelang shalat subuh yang berarti seluruh murid di sekolah ramadhan harus memulai untuk menahan hawa nafsu mereka dan berusaha sekuat tenaga untuk melaksanakan kebaikan sebanyak banyaknya sampai bel kedua nanti berbunyi. bel kedua berbunyi tepat disaat sebelum shalat maghrib dan itu bertanda bel untuk istirahat sudah tiba. dalam sekolah ini tentu akan banyak yang gagal dan merugi. orang gagal yang akan sama sekali akan keluar dari aturan yang ditetapkan dan orang merugi akan terus melaksanakan aturan tersebut namun dalam penjalanannya ada hal yang menyebabkan mereka menjadi orang orang yang merugi. dan bagi orang orang yang menyandang gelar MUTTAQIN pada akhirnya akan diwisudakan tepat dihari lebaran dan diresmikan menjadi orang orang MUTTAQIN.

Bagaimana cara mengetahui orang orang yang berhasil tersebut? itu adalah tanda tanya besar yang sering dikeluarkan oleh umat muslim yang beriman yang mengikuti sekolah ini, disebabkan karena tidak ada list nama yang mencantumkan nama nama yang berhasil melainkan hanya dapat dilihat dari tingkah laku seseorang. untuk melihat apakah seseorang itu berhasil atau menjadi orang orang gagal bahkan merugi dalam sekolah ramadhan ini cukup lihat setelah ramadhan apakah kegiatan ramadhannya masih membekas dan menjadi kebiasaan dalam kehidupannya sehingga amal dan tingkah lakunnya semakin membaik seiring dengan terlewatnya ramadahan atau tidak. jika ia berarti dia adalah orang orang yang berhasil dan telah diwisudakan oleh Allah swt, namun jika belum, berarti dia termasuk antara salah satu golongan. Merugi atau Gagal!

Naudzubillahi min dzalik.

Dirumah 20 Agustus 2012
Pagi jam 07.00 WIB
sebelum sarapan pagi
coretan Mulyadi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s