Solusi Perseteruan

semuacoretanPerselisihan sering sekali terjadi disetiap hubungan. baik hubungan sahabat, teman, pacar, suami-istri dan bahkan seluruh keluarga. hal ini bersifat natural karena manusia memiliki sifat untuk menang sendiri hal ini merupakan sifat yang bersifat negatif. hal ini ada karena Pada awal mula jadinnya manusia didalam kandungan Allah swt meniupkan Ruh kedalam jasad yang masih ada didalam kandungan itu setelah itu Allah swt juga meniupkan dua sifat yang saling berlawanan yaitu Fujur (sifat yang tidak baik) dan Taqwa (sifat baik). kedua ini ditiupkan kedalam jasad setelah ruh secara bergantian, Allah Meniupkan Fujur terlebih dahulu baru kemudia Taqwa. inilah sebabnya jika anak tidak segera dilengkapi dengan bekal kebaikan yang cukup maka manusia akan lebih cendong kearah yang tidak baik. namun apa yang kita harus lakukan disaat kita berada didalam sebuah pertengkaran ataupun perselisihan paham (dalam artian negatif)?. perseteruan yang terjadi diantar dua kubu kelompok yang berbeda baik dalam percintaan, persahabatan ataupun keluarga disebabkan oleh satu hal yang tidak bisa dipungkiri. penyebab itu adalah karena setiap kubu kelompok merasa benar dan berebut kebenaran. sang suami merasa benar milik dia sehingga dia dengan sangat mudah menyalahkan istrinnya. begitu juga jika istri merasa jika kebenaran milik dia sehingga dia tidak suka untuk diberitahu bahwa dia salah. begitu juga dalam persahabatan. orang yang pertama tidak mau menerima pendapat yang lainnya karena menurut dia pendapat dialah yang lebih benar. hal inilah yang harus dihindari jika anda berada dalam satu hubungan ataupun perseteruan. cara menghindarinnya sangatlah mudah cukup dengan tidak berebut kebenaran melainkan berebut kesalahan. moto ini sudah cukup untuk digunakan dalam mengantisipasi pertikaian yang terjadi dimanapun dan kapanpun itu. jika semua merasa benar, maka tidak akan tercipta keharmonisan yang di idam-idamkan oleh setiap orang karena kebenaran itu nyata tidak bisa disatukan. oleh karena itu alangkah indahnya sebuah hubungan jika kedua sisi bisa menerima kebenaran yang lain dengan menganggap diri salah dan perlu untuk mendengarkan yang lain sehingga akan timbul sebuah diskusi yang harmonis untuk menemukan kebenaran yang sebenarnya tampa ada perselilihan dan pertikaian. inilah yang merupakan kunci untuk menghindari permusuhan dan perpisahan. Jika konsep ini diaplikasikan dalam seluruh kehidupan kita maka tidak akan banyak jumlah perceraian dan perpisahan. semua orang akan hidup rukun dan harmonis karena setiap orang mau mendengarkan pendapat orang lain meskipun pada akhirnya nanti pasti memakai sistem diskusi juga untuk menemukan kebenaran yang sebenarnnya.

Namun gimana jika seandainya kita sudah berusaha untuk menerima pendapat dia namun dia tetap saja tidak bisa mengerti kita dan mencari solusi semua masalah. hal yang pertama yang dilakukan sangatlah simpel, “jangan menyalahkannya” karena jika orang merasa disalahkan dan terjebak dalam sebuah situasi yang menyudutkan dia maka otak dan pikiran manusia akan menglahkan kerja hati sehingga semua orang akan berontak dan melawan sehinggga perseteruan dan pertikaian tetap saja timbul. tinggalkan pertikaian dan mengaku salah meskipun dalam hati anda tidak merasa bersalah dalam hati. karena berpura-pura salah terkadang juga baik bagi sebuah hubungan.
Mulailah dari diri sendiri untuk menghindari pertentangan dan perseteruan karena pertikaian dan pertentangan dalam artian negatif tidak berbuah kebaikan apa-apa.

coretan. 23-7-2012
by Mulyadi
disaat sakit tanggal 23-7-2012
dirumah…………..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s