It’s My Different Birthday.

ulang tahunHari ini adalah hari ulang tahunku, ulang tahun yang ke 20 atau 21 saya saja tidak tau pasti apalagi kawan-kawan saya hehe. hari ini sunggu berkesan karena saya menghabiskan seluruh hari ulang tahun saya didepan komputer. namun ini tidak penting bagi saya merayakan ulang tahun bukanlah menjadi keharusan, tapi selama saya di bangku kuliah, sahabat dan teman-teman sering sekali merayakan ulang tahun mereka dan juga ulang tahunku walaupun hanya dengan ceplokan telor yang super duper bau. hal inilah yang membuat aku sadar bahwa perayaan ulang tahun yang tidak bersifat formal seperti ini menambah keakraban dan rasa kekeluargaan yang tinggi sekali. ini hanya sekedar pendahuluan yang tidak bermakna apa-apa. yang ingin saya sampaikan disini bukanlah mengenai indahnya ulang tahun itu, atau mengenai betapa menjengkelkannya dikerjain oleh teman-teman sewaktu ulang tahun, namun ini mengenai perasaan yang harus dikelola oleh setiap insan yang baru saya ketahui ketiak ulang tahun saya kali ini. sering hal ini terjadi namun tidak banyak yang menyadari apa penyebab dari hal ini.

Begini………………..

Hidup adalah kebiasaan menurut saya. apapun yang menjadi kebiasaan anda itu adalah hidup anda yang mesti dibanggakan karena menjadi kharakteristik bagi setiap manusia, tergantung kebiasaan apa yang ditanamkan oleh manusiannya sendiri apakah baik atau buruk. saya tidaklah terbiasa dengan perayaan ulang tahun yang mana kebanyakan orang merayakannya setiap tahunya, namun akhir-akhir ini, hal yang dibiasakan ini menjadi kebiasaan meskipun yang menjadi kebiasaan itu bukanlah perayaannya tapi hanya ucapan selamatnya. dengan berkembanya tekhnologi hampir ulang tahun teman, atau siapapun itu bisa kita ketahui. teman dekat, teman, musuh, saudara dll. disatu sisi hal ini memudahkan manusia untuk saling berinteraksi dan berkomunikasi sehingga tercipta jalinan silaturrahmi yang kuat diantara manusia yang satu dengan manusia yang lainnya. mungkin tidak mengherankan lagi disetiap hari anda hampir selalu mengucapkan selamat ulang tahun kebeberapa orang dan menuliskannnya di dinding Facebooknya. hal ini sangat memudahkan manusia sekali lagi, tapi tidak menambah nilai ucapan tersebut.

Dua tahun terakhir ini ketika ulang tahun saya, saya merasa capek dan sulit untuk berterima kasih kepada puluha orang yang mengucapkan selamat ulang tahun kepadaku dengan kata-kata mereka masing-masing dan ada sebagian yang berbagi foto ucapan selamat ulang tahun didinding Facebook. memerlukan waktu satu jam paling cepat untuk menjawab seluruh ucapan itu. ini sangat berbeda dengan tahun ini. ketika saya berinisiatif untuk menyembunyikan notifikasi ultah saya kepublik. keadaan berubah seratus persen. dari yang dulunya kecapean untuk berterima kasih atas ucapan ultah mereka, kini sama sekali tidak satu pesanpun yang masuk ke inbox hp, inbox FB, email, atau bahkan ke dinding Facebook. hal ini lumayan menjengkelkan namun itulah kehidupan sekarang. kehidupan yang serba instan dan mudah namun jauh dari kebermaknaan yang diharapkan.

Semakin mudah untuk hidup dan melakukan sesuatu, maka semakin tidak bermakna orang-orang yang bisa hidup dan yang bisa melakukan sesuatu. hal inilah yang menjadi salah satu efek negatif Tekhnologi yang saat ini tengah berkembang pesat didunia.

Sebagai manusia, tidak bisa dipungkiri bahwa hal yang paling dilihat bukanlah hasil sesuatu akan tetapi manusia lebih kemenghargai proses sesuatu yang luar biasa. tomar alfaedisont lebih dikenal dari alexander grahambell bukan karena bola lampunya lebih dipakai dunia, namun karena dia menemukan bola lampu itu dengan ribuan experiment yang gagal begitu juga hati manusia. ketika seseorang melakukan sesuatu yang sulit untuk anda maka anda akan merasa sangat berharga bagi dia. dan itu sangat menyenangkan.

itulah hidup.
ruangtamuKontrakan.
Senin, 15 Oktober 2012
12.08 WIB

Leave a Reply

