Kegagalan dalam Pembelajaran (based on my opinion)

Kegagalan yang selama ini terjadi di pendidikan di indonesia lebih berada di tingkat PBM (proses belajar mengajar), dan tidak ada yang bisa disalah dalam hal ini kecuali guru. Dengan sistem kurikulum yang sangat ideal seharusnya guru-guru selaku pendidik mampu mencetak generasi yang bisa diandalkan di dunia.

Jika kita lihat para guru dan sistem kurikulum merupakan dua tombak penggerak pendidikan indonesia. Dalam kurikulum saat ini kurikulum sudah menempatkan perannya dengan tepat sebagai aturan dan rambu-rambu dalam PBM (Proses Belajar Mengajar). Dan sekarang satu-satunya tombak yang bermasalah dalam pendidikan kita adalah proses pembelajaran itu sendiri, dan yang berperan besar dalam kegagalan ini adalah Para Guru.

Sistem “rambu-rambu” yang disebut kurikulum ini menegaskan kepada guru untuk mengajar dengan sebaik-baiknya dengan cara membuat persiapan sematang-matangnya. Namun aplikasinya banyak para guru yang masuk dan memulai pelajaran tampa mempersiapkannya terlebih dahulu. Hal inilah yang membuat pembelajaran tidak begitu efektif karena tidak ada rencan tujuan yang ingin dicapai oleh guru.

Perencanaan sebelum mengajar sangatlah penting selain sebagai panduan mengajar juga bisa dijadikan sebagai tolak ukur keberhasilan pembelajaran seorang guru. Dengan melihat seberapa besar tujuan pembelelajaran yang berhasil dari pembelajaran tersebut.

senin 15 Oktober 2012
ditulis disalah satu tugas Quis di mata kuliah
kurikulum dan pembelajaran
STKIP Bina Bangsa Getsempena Banda Aceh
coretan.Mulyadi Syahputra
dirumah.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s