Shal Dhamirak! (tanyakan hati kecil anda)

hati keciApa yang anda lakukan ketika keinginan anda terhalangi oleh perasaan anda? pertanyaan yang sangat mudah dijawab ketika anda ditanya, dengan sangat cepat setiap orang akan menjawab “saya akan memilih apa kata hati, karena hati tidak pernah bohong dan juga selalu bla.. bla.. blaa” dan seterusnya. jawaban yang ideal memang harus seperti itu. namun pernahkan anda juga berpikir bahwa untuk mengaplikasikan jawaban idealis ini butuh beribu kekuatan extra dan tidak banyak yang bisa melalukannya.

Hati akan selalu menunjukkan jalan yang terbaik yang seharusnya kita pilih. sehingga pepatah arab juga mengutarakan ketika anda mendapati dua hal yang sangat komplek untuk dipilih maka “shal dhamirak?” tanyakan hati kecil anda. hati kecil selalu mengarahkan kita kearah yang baik. dia selalu bekerja independent tampa memihak sedikitpun ke pihak nafsu yang sering kali melumpuhkan manusia. tak banyak yang bisa dilakukan nafsu untuk menguasai hati kecil, merka selalu bekerja independent untuk mempengaruhi manusia. dan manusia masih mempunyai kemampuan untuk memilih keputusan yang dia ambil apakah dia akan menuruti apa kata hati kecil mereka, atau mereka akan mengikuti hawa nafsu mereka. proses memilih inilah yang banyak membuat manusia tergiur kepihak nafsu yang menjerumuskan mereka kedalam jurang kenistaan.

Namun terkadang manusia malas untuk memilih sehingga tidak memberikan sedikitpun ruang untuk hati nurni berbicara, namun malahan membuka selebar-lebarnya pintu untuk nafsu mewarnai semua keputusannya. sungguh tragis jika kita terus menerus terbelenggu oleh jeratan nafsu dan membelenggu hati nurani kita. marilah kita berikan ruang untuk hati nurani memberikan peran dalam kehidupan kita. meskipun itu susah. namun untuk mencoba tidak ada kata susah. terus coba menangkan hati nurani kita sehingga kebenaran yang selalam ini ada hanya dalam konsep-konsep bisa terealisasikan kedalam kehidupan kita sehari-hari.
untuk memulai itu kita hanya butuh pembiasaan. untuk membuat suatu perubahan yang permanen dalam diri tidak mampu hanya dengan komitmen yang tinggi dan semangat yang membara, namun yang kita butuhkan adalah pembiasaan sehingga sesudah terbentuk kebiasaan dengan mudah hati kecil kita mengalahkan nafsu yang selalu menguasai kepala kita selama ini.

Shal dhamirak! tanyakan hati kecil kita sebelum memulai sesuatu

Shal dhamirak! tanyakan hati kecil kita bagai mana perasaan orang jika melakukan ini atau itu

Shal dhamirak! tanyakan hati kecil kita bagaimana jika aku menjadi dia

Shal dhamirak! disetiap saat anda ingin mengambil keputusan.

Selasa, 16 Oktober 2012
RumohKUphi. 22.45 WIB
coretan.MUlyadi syahputra

2 thoughts on “Shal Dhamirak! (tanyakan hati kecil anda)

    • Untuk mengikuti kata hati itu tidaklah sesulit yang kita bayangkan. tapi hanya saja kita biasanya terkesan lebih mengikuti apa yang nafsu kita inginkan. ada quote yang mengatakan “Jika bukan hati yang berbicara, maka itu adalah suara Nafsu”.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s