Aku Merindukan Mereka dan Tanah Itu

Foto-0337

Ladangku

Angin malam ditemani rintik hujan yang membuat suasana semakin sunyi. Aku terduduk, terdiam, dan melayang kedalam alam lamunan yang membawaku melalui bebukitan dan pepohonan, turun ke lembah, naik kebukit. Aku tiba-tiba mengingat kampung halamanku. Hemmmm tidak terasa sudah beberapa hampir setahun aku meninggalkan tanah gayo lues yang subur itu. Kurasa malam ini aku sedang merasakan kerinduan yang begitu besar sehingga sangat terasa aku ingin bertemu keluargaku yang sangat menyayangiku.

Dalam lamunanku seolah-olah aku melihat kakek yang pergi berjalan sambil kutemani ke kebun yang tidak jauh dari rumah itu. Aku teringat bagaimana aku membawa kakek jalan-jalan disore hari keliling blangkejeren. Aku tau dia merasakan kerinduan yang sangat besar juga terhadapku. Hem tiba-tiba aku jadi merasa bersalah karena tidak memamfaatkan liburanku untuk bertemu mereka.

Lamunanku kembali melayang menembus batas pikirku sehingga yang terbayang didalam benakku adalah suasana kampung yang tenang dan indah, ramai dipagi hari, sepi disiang hari, ramai kembali disore harinya dan kembali sepi setelah maghrib. Hemm suasana yang susah didapatkan disini. Aku ingin melihat tanaman sawi yang ditanam mamak meskipun sambil mengurus ayatul khaira (adik kecilku yang masih berumur beberapa bulan) sungguh perjuangan yang luar biasa. Aku masih teringat disaat kami sedang mencangkul ladang yang akan kubuat sebagai tempat tanaman sawi dan kubisku, mamak menunjukkan kepadaku seekor monyet yang memakan buah jambo yang sudah masak. Mamak tertawa begitu lepasnya melihatku mengejar si monyet karena merasa kesal karena sudah mamakn buah jambu yang sebelumnya sudah kuniatkan untuk ku ambil sebelum pulang dari sawah dan akan kuberikan untuk ayu. Hemmm rasanya begitu aku merindukan mereka saat ini. Aku begitu merindukan disaat aku, nenek, dan makyu makan bersama setelah shalat maghrib. Aku merindukan semua. Anginnya, panasnya, hujannya, dan bahkan gemuruhnya suara becak dipagi hari itu. Aku merindukan tanah itu.

 

Ditengahkerinduanku

Bemstkipbbg

09.05 pm

By.mulyadisyahputra

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s