Rumah Idaman Itu Bukan Rumah yang Besar

ImageBeberapa hari yang lalu saya pergi kesebuah rumah yang tergolong besar dan megah. Terbesit dalam benakku mereka yang hidup didalamnya serba berkecukupan dan tentunya akan sangat bahagia. Tak ada masalah dalam finensial mereka. Halaman depan rumah mereka tata rapi sehingga menimbulkan kesan keasrian rumah tersebut. Aku berharap aku bisa membangun rumah seperti itu.

Menurutku saat itu, rumah idaman itu adalah salah satu tolak ukur kebahagiaan dari sebuah keluarga dan merupakan simbol kemegahan yang menumbuhkan rasa bangga pada diri sendiri. Tapi aku salah, setelah aku memasuki rumah itu. Aku tak menemukan sedikitpun pancaran kebahagiaan dari mereka. Aku seperti merasakan aura negatif yang disebabkan dari efek rumah besar itu sendiri.

Aku melihat penghuninya sibuk dengan aktifitas sendiri. Ruang dapur yang jauh dari ruang tamu membuat ibu rumah tangga dan kepala rumah tangganya berjauhan. Gambaran suasana itu adalah layaknya suasana sekolah yang mempunyai beberapa kelas namun hanya memiliki sedikit murid. Sepi, sunyi hanya sedikit kebahagiaan yang tampak.

Sekarang aku mengerti. Kebahagiaan adalah bagaimana sebuah keluarga menciptakan kebahagiaan mereka sendiri bukan bagai mana mereka bisa membangun rumah yang megah dan menjadi bahagia setelah itu.

Sekarang ini. Rumah idaman saya sudah berubah. Dulu saya selalu membayangkan rumah indah dan besar dilengkapi dengan kolam renang dibelakangnya dan halaman yang luas nan dihiasi oleh pohon palem yang indah. Tapi sekarang, dalam pikiranku rumah idaman itu adalah rumah minimalis yang nyaman dan ditemani oleh istri yang selalu menciptakan kebahagiaan itu sendiri. Sekarang rumah idaman itu adalah rumah yang dihuni oleh cinta dan kasih sayang.

#sambilmengingatkejadianitu
Kantin Kak Nu STKIP BBG
13.39 WIB
03-06-2013

4 thoughts on “Rumah Idaman Itu Bukan Rumah yang Besar

Leave a Reply

