Kepercayaan (Lebih Baik Sekarat dari pada menghianati kepercayaan)

ImageKepercayaan adalah yang penting yang harus dijaga didalam kehidupan. Dahulu ketika aku mulai perjalan hidupku dengan meninggalkan kampung halaman ku salah satu nasehat kakek dan nenekku adalah untuk selalu menjaga kepercayaan. Dulu menurutku rasa kepercayaan bukanlah hal yang harus diperhatikan sebegitu pentingnya namun seiring waktu berjalan, semakin banyak pengalaman yang kulalui pengalaman dibidang pendidikan, karir atau pekerjaan dan bahkan dibidang hati yaitu rasa cinta dan kasih sayang semua itu butuh kepercayaan. Dan kurasa semua sudah tau apa masalah yang akan timbul jika rasa kepercayaan itu sudah sirna.

Jika aku diminta untuk memberikan pengertian dari rasa kepercayaan itu sendiri maka aku akan ungkapkan jikalau rasa kepercayaan itu adalah sebuah kekayaan yang harus dijaga oleh setiap orang dalam sosialisi dengan orang lain. Jika rasa kepercayaan telah tiada maka akan sulit bagi seseorang untuk melakukan apapun yang mempunyai kontak dan interaksi dengan orang lain. Sangat sulit bahkan. Oleh karena itu kepercayaan itu jangan pernah anda sia-siakan.

Taukah anda apa yang menyebabkan seseorang kehilangan kepercayaan. Oh ya aku lupa memberi tahu kepada anda sebelumnya jikalau musuh bebuyutan dari rasa percaya itu adalah kebohongan. Kebohongan inilah yang akan membuat rasa percaya itu sirna dan hancur berkeping-keping. Kepercayaan akan selalu berbicara masalah tanggung jawab dan penjagaan namun jikalah kebohongan telah menguasai hidup seseorang maka tanggung jawab dan penjagaan itu tidak akan pernah didapatkan lagi.

“Jangan pernah sia-siakan kepercayaan seseorang”. Itulah yang diucapkan kakekku beberapa tahun silam. Karena jika anda mengecewakan seseorang dengan mengingkari kepercayaannya maka sampai kiamat pun mereka tidak akan pernah mempercayai kita lagi. Dan kehilangan kepercayaan bukanlah hal yang baik namun itu adalah hal yang sangat ditakuti oleh semua orang. Kita akan mendapatkan kesulitan dalam melaksanakan apapun itu, baik dalam bisnis, dan bahkan kegiatan keseharian.

“lebih baik engkau sekarat daripada menyia-nyiakan kepercayaan itu”. Potongan nasehat ini selalu kuingat karena menurutku semua halal jika engkau sedang sangat membutuhkan dan sekarat. Namun kakek dengan suaranya yang lembut memberikan petuah itu bahwa yang haram akan menjadi mubah jika engaku sekarat namun kakek memberikanku satu pengecualian untuk jangan menghianati kepercayaan meskipun engkau sedang sekarat. Sepenting itukah menjaga kepercayaan itu pikirku dulu.

Sangat penting. Bahkan sangat sangat dan sangat penting untuk tetap menjaga kepercayaan.

16.26 WIB
Ruang Tamu Kontrakan
13 Juni 2013
kepercayaan itu adalah emas yang harus dijaga.

2 thoughts on “Kepercayaan (Lebih Baik Sekarat dari pada menghianati kepercayaan)

  1. seperti nila setitik rusak susu sebelanga, ini terjadi ama aku dan sahabat yang udah lbh 20 tahun bareng aku, karena masalah uang jd putus persahabatan😦 kepercayaan itu memang diatas segala2nya.
    Setuju ama kakek🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s