Jangan Sombong! Cukup Buktikan Saja

ImageSetiap orang dimuka bumi ini mempunyai kelebihan dan kekurangan tersendiri sehingga manusia menjadi unik bagi yang lainnya. Orang mempunyai kekurangan dan itulah salah satu tantangan kita untuk terus memperbaiki diri guna memperkecil kekurangan kita. Dan juga manusia mempunyai kelebihan yang diberikan sebagai modal untuk bisa hidup lebih layak dan bersaing di kehidupan ini. Kelebihan itu bukanlah untuk diumbar dan diceritakan kepada orang yang tidak perlu untuk mengetahuinnya. Jika anda memberitahu kepada orang yang menginterview anda kelebihan yang anda miliki, itu sangat wajar karena memang mereka memerlukan itu. Namun bukan begitu halnya kepada orang yang baru bertemu dengan anda, orang yang tak memiliki keterikatan kerja dengan anda dll.

Berbicara tinggi akan membuat orang melihat kita dengan sebelah mata. Oleh karena itu merendahlah namun jangan sampai engkau direndahkan oleh orang lain. Jika engkau merasa engkau hebat dan mempunyai kelebihan maka cukup saja engkau menyimpan kelebihan itu sendiri dan tak perlu mengumbar-umbarnya, jikalau sekali engkau mengumbarnya maka orang akan berpikiran bahwa itu bukanlah lagi kelebihanmu namun itu adalah caramu untuk menunjukkan ke angkuhanmu.

Coba saja bayangkan sendiri. Jika ada orang lain yang tak pernah berhenti berbicara apa-apa saja yang sudah dia dapatkan, apa yang anda pikirkan? Bukankah anda akan berpikir betapa menyedihkannya orang itu tak mempunyai orang lain yang mengakui kelebihannya sehingga dia begitu gigihnya mengagung-agungkan kemampuannya sendiri. Dan begitu jugalah orang mendengar jika anda mengagung-agungkan keberhasilan dan kemampuan anda.

Lihatlah bintang, dia begitu tinggi dan berkilauan dimalam hari. Apakah anda pikir dia perlu memberitahu kepada manusia bahwa dia begitu indah ketika dimalam hari?. Tidak. Dia tidak perlu mengeluarkan energi sedikitpun untuk melakukan itu. Dia hanya perlu membuktikannya sehingga orang-orang akan yakin tentang kemampuan itu. Percayalah, itu lebih mudah di ingat dari pada omongan sombong yang membuat orang yang mendengarkannya serasa mau muntah. Begitu juga anda jika anda ingin dikenal orang dengan kemampuan anda, tidak perlu anda mengungkapkan semua kemampuan itu dengan cara apapun, baikkah itu dengan cara bercanda, serius, menyindir dan sebagainya. Namun yang diperlukan hanyalah bukti. Cukup buktikan saja dan orang akan percaya tentang kemampuan itu.

Di Ruangan Tunggu Klinik Dr. Prem Punjabi, galang, Medan
Mengunggu Kakek dan nenek yang berada di ruang opname
mudah-mudahan mereka cepat sembuh dan kembali beraktifitas dengan normal seperti beberapa tahun yang dulu.
05.51 WIB
Terinspirasi ketika melihat Sopir yang Sombong

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s