Bukan Karma tapi Pelajaran!

ImageMembuat seseorang menangis, maka akan tiba saatnya dimana anda akan menangis.

Hal lumrah yang sering terjadi didunia ini adalah hal yang sering disebut sebagai karma. Pada hakikatnya karma itu bukanalah ajaran islam karena dalam islam kesalahan yang langsung dibalas didunia hanyalah durhaka kepada orang tua, selain itu hukuman dari kesalahan itu akan ditangguhkan hingga hari kiamat. Namun kenapa jika aku membuat seseorang bersedih maka akan tiba waktunya aku juga bersedih?, jika aku membuat orang menangis akan tiba juga waktu dimana aku akan menangis?, jika aku membagi kebahagiaan kepada orang lain maka, aku juga akan mendapatkan kebagahagiaan dari orang lain lagi?. Bukankah itu karma?. Dulunya aku juga berpikir seperti itu, namun sekarang aku mempunyai cara untuk mengdeskripsikan ini melalui kata-kata “pekajaran”.

Disaat seseorang menangis karena anda maka akan tiba waktunya anda menangis untuknya. Hal ini mungkin karena allah ingin kita merasakan apa yang kita perbuat terhadap orang lain sehingga kita tidak akan mengulang kesalahan yang sama lagi dikemudian hari. Namun hal ini tidak berhenti sampai disini saja, disaat anda menangis karena telah membuat seseorang menangis maka seseorang atau orang yang membuat anda menangis juga akan menangisi anda disaat tangisan anda hilang. Ini bukanlah sebagai bentuk balas dendam namun allah ingin mengajari kita bagaimana rasanya melihat orang yang kita tangisi menangis sama seperti dia melihat kita menangis. Sehingga kita tidak akan membuat siapapun lagi menangis karena kita atau karena apapun. Simple!. Karma itu bukanlah karma melainkan pengajaran yang allah siapkan.

Oleh karena itu, berhati-hatilah disaat anda menyakiti hati orang, karena kita tidak tau kapan kita akan menyesali keputusan itu dan membuat kita menangisinya dengan berbagai alasan. Berhenti membuat orang menderita, karena kita tidak tau apa sebab yang akan allah kirimkan bagi penderitaan kita. Berhenti menggunakan seseorang untuk kepentingan kita karena akan tiba waktunya dimana allah akan mengijinkan orang lain untuk menggunakan kita untuk kepentingannya. Tidak begitu rumit sih. Mudah dan tak susah dimengerti, itulah sebetulnya kehidupan. Lingkaran pengajaran yang dipersiapkan allah supaya kita bisa menjadi lebih baik. Mari kita saling mengerti dan menghargai karena rasannya itu jauh lebih baik daripada kita saling menyakiti, saling menggunakan untuk kepentingan sendiri, karena cepat atau lambat keegoisan akan merusak segalanya, merusak cinta, merusak persahatan, merusak cita-cita.

 

Dikamar | disaathidupmenjaditekateki
9.38 am. | 16 desember 2013
Pelajaranhidupuntukyanglebihbaik.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s