Keseimbangan dalam beribadah

Aqimushalah wa atuzzakah.
Ati’ullah wa ati’urrasul.
Aniskurri waliwalidayka.

Keseimbangan dalam beribadah.

keseimbangan dalam beribadahPagi ini saya mendengarkan tausiah di salah satu stasiun televisi. Oleh karena itu saya menuliskan tulisan ini. Namun tulisan ini bukan untuk menggurui atau juga bukan untuk membatah pendapat siapapun, saya menuliskan tulisan ini hanya untuk mengingat ulang supaya pengetahuan ini tidak hilang dalam hati saya.

Tulisan ini saya mulai dengan beberapa amal yang selalu allah gandengkan dalam al-quran.

  1. Aqimusshalah wa atuzzakah
  2. Ati’ullah wa ati’urrasul
  3. Aniskurri wa walidayka.

Penggandengan ini bermakna dua hal menurut yang saya ketahui. Pertama penggabungan ini bermakna kesetaraan. Artinya satu perintah dengan perintah yang digabungkan derajatnya sama dimata allah. Ini bisa berarti bahwa shalat dan zakat sama pentingnya dalam islam, menaati allah dan menaati rasulnya mempunyai keharusan yang sama dalam islam, ini juga berarti bahwa menyembah allah dan berbuat baik kepada orang tua mempunyai kewajiban yang tegas kepentingannya dalam islam. Ini adalah arti yang pertama. Menurut tafsiran ini, maka ini akan menunjukkan kepada kita betapa pentingnya berbuat baik kepada orang tua yang disamakan dengan rasa syukur kepada allah.

Penggandengan ini juga bermakna jika salah satu kita kerjakan tapi meninggalkan yang satunya, maka makna dan manfaat dari amal yang kita kerjakan itu akan sia-sia belaka. Hal ini menunjukkan kepada kita bahwa setiap ibadah yang digandengakan itu mempunyai keharusan yang sama sehingga jika salah satu ditinggalkan maka tidak ada manfaat ibadah tersebut terhadap kita. Sebut saja jika kita shalat dan tidak menunaikan zakat, atau kita mengikuti petunjuka al-quran tapi menistakan sunnah rasul, atau kita bersyukur kepada allah tapi kita tidak berterima kasih kepada orang tua kita. Semua penggandengan ini merupakan bukti bahwa ibadah yang satu berhubungan erat dengan yang lainnya.

Lihat saja di poin pertama dimana menegakkan shalat yang merupakan hubungan kepada allah (hablum minallah) tidak akan lengkap jika tidak dibarengi dengan zakat yang tujuan nya adalah hubungan sesama manusia (hablum minannas) ini merupakan satu kesatuan yang tidak bisa dipisahkan. Karena allah menegaskan melalui rasulnya bahwa kehidupan juga tak kalah pentingnya dengan akhirat tanpa memungkiri bahwa akhirat adalah sebaik-baik tempat bagi kaum muslimin. Muslim yang baik adalah muslim yang baik hubungan dengan allah dan juga harmonis hubungan dengan sesama manusia.

Jika kita lihat hubungan poin kedua sangatlah jelas, dimana jika kita mentaati allah namun tidak patuh kepada ajaran rasulullah itu sama saja dengan kita mengingkari keduannya. Oleh karena itu, allah swt menggabungkan kedua amalan ini sebagai tanda bahwa keduanya tidak bisa dipisahkan. Jika salah satu tidak dipatuhi, itu sama saja dengan tidak mematuhi semuannya. Lihat saja perintah allah pasti senada seirama dengan sunnah rasulullah. Disaat kita kekurangan ilmu dalam memahami isi alquran maka hadist rasulullah menjadi acuan kita. Lihat betapa tidak bisa dipisahkan kedua perintah ini!.

Hal yang sama bisa kita lihat di poin ketiga dimana bersyukur kepada allah sama derajatnya dengan bersyukur kepada orang tua. Bersyukur kepada allah hukumnya wajib karena kemutlakan bahwa kita tidak bisa hidup tanpa nikmat dan karuniannya. Rasa syukur itu menjadi apresiasi nyata bagi nikmat dan karunia yang allah berikan. Begitu juga dengan kedua orang tua. Kedua mereka melahirkan dan membesarkan kita dengan penuh kasih sayang. Kita diberi pendidikan, hidup yang layak serta tanggung jawab yang besar yang keluarga pikul terhadap kita sebagai anak bagi kedua orang tua kita. Kedua perintah ini memerintahkan kita umat muslim untuk berterima kasih atas apa yang dikaruniakan dan diberikan kepada kita bukan hanya sekedar dengan ucapan, namun juga dengan tindakan.

 

Diselesaikan di kos 22.07
Minggu 03/08/14

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s