Jangan Takut dengan Tantangan dan Masalah.

64156_219361548162265_100002652631636_381533_2042331175_nPernah terbesit dalam pikiran ku tentang arti dari sebuah masalah dan tantangan. Dulu aku berpikir, tantangan dan masalah itu menyulitkan aku untuk berkembang sehingga aku sangat berhati-hati dalam memilih kegiatan yang akan ku jalani setiap harinya. Disaat ada sebuah jalan bagiku untuk berkembang maka aku dengan begitu selektif akan berpikir apakah dengan adanya kegiatan yang membuat aku berkembang ini tidak menyulitkanku nanti. Jika dalam hemat ku akan banyak tantangan yang kuhadapi ditengah perjalanan maka ada atau tidak ada alasan yang bisa membuat orang membenarkan keputusanku, aku tetap menjauhi hal itu. Tidak penting bagikku seberapa bergunanya hal yang kulewatkan itu untuk kemajuanku sendiri.

Tapi kini pikiran itu sudah berubah. Bagiku sekarang setiap kesempatan adalah peluang setiap permasalahan adalah tahap pendewasaan, baik itu peluang untuk menjadi juara dan menjadi yang terbaik diantara yang lainnya, atau permasalahan karena harus menjadi pecundang namun akan lebih mapan dan dewasa kedepannya dengan kekalahan itu. Setiap yang dihadapkan kepada kita tentunya mempunyai nilai positif bagi perkembangan diri sendiri. Seiring berjalan waktu sering hati ini berkata bahwa setiap kita dipertemukan dengan permasalahan maka sudah pasti permasalahan yang kita hadapi itu tidak pernah lebih besar dari pada kemampuan kita. Allah swt sudah menyatakan begitu dalam al-quran. Jadi kenapa kita harus ragu. Toh pada akhirnya tetap saja kita mendapatkan keuntungan dari permasalahan dan tantangan yang kita hadapi itu.

Jika kita mampu melewatinya maka itu menjadi langkah kita untuk lebih maju dan lebih hebat lagi, jika kita jatuh dan kalah pun kita tetap mendapatkan keuntungan dengan bertambahnya pengalaman kita untuk lebih siap menghadapi permasalahan dan tantangan yang akan kita hadapi di kemudian hari. Masuk akal kan?. Setiap kemungkinan ada keuntungan yang akan kita hadapi.

Belajar dari mereka yang sudah sukses. Hampir semua dari mereka berawal dari kegagalan dan kesukaran, namun mereka mempunyai pola pikir seperti yang aku utarakan tadi. Jika mereka berhasil itu akan menjadi batu loncatan untuk ke langkah selanjutnya, jika mereka gagal maka itu akan menjadi kesempatan besar untuk memperbaiki diri sehingga kegagalan itu tidak mengganggu perjalanan keberhasilannya.

Mungkin pembaca mengetahui tentang Abraham Lincoln yang dilanting sebagai presiden Amerika yang ke-16 pada tahun 1860. Dia adalah Presiden yang dipuji karena kesuksesannya membangun Amerika dalam sejarah Amerika itu sendiri. Kita hanya tau ketika dia berhasil, namun kita lupa bahwa jalan terjal juga pernah bahkan sering dia alami. Daftar kegagalannya beruntun semenjak tahun 1831 sampai pada tahun 1858 mulai dari gagal berbisnis, gagal menjadi anggota Kongres, dan bahkan gagal menjadi anggota senad pada tahun 1858. Pertanyaannya adalah, Apakah dia berhenti berusaha disaat dia  gagal menjadi Presiden pada tahun 1856? Tidak. Jika dia menyerah saat itu maka yakinlah namanya takkan terukir dalam sejarah Amerika saat ini.

Jangan takut tantangan dan permasalahan. Jika engkau menang maka engkau akan naik ke level yang lebih tinggi, jika engkau kalah, maka engkau akan lebih mampu untuk menghadapi permasalahan dan tantangan selanjutnya.

14.11.14 Jum’at
01.12 am | Downtown Kuphi
Darussalam Banda Aceh.
Selesai Buat Bahan Untuk Besoknya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s