My Name Is Khan

kinopoisk.ruFilm ini masuk dalam daftar film favorit saya. Entah kenapa serasa film ini beda dari yang lainnya. Apakah karena film ini mempunyai nilai moral yang tinggi atau karena memang kita umat muslim saat ini haus dengan media yang mendukung kita dihadapan seluruh dunia. Aku juga bingung sebetulnya alasan mana yang mendasari keinginan saya untuk menonton film ini terus menerus tanpa ada rasa bosan sedikitpun. Tapi intinya film ini memang sangat layak untuk ditonton menurut saya.

Meskipun demikian. Banyak hal dalam film ini yang tidak sesuai dengan akidah islam. Bukan sifat kemanusiaan aktor utama yang membantu sesama, atau bukan juga kepercayaan aktor utama tentang salahnya pendapat jihad para terorist saat ini, yang sedikit dari film ini yang menyeleweng dari akidah kita adalah cara bertoleransi dalam agama yang ditampilkan dalam film ini dan memperistri seseorang yang berbeda keyakinan dengannya. Hal itu sangat jelas dilarang dalam islam.

Saya ingat ust. Qosim nurseha l.c pernah bilang kalau dalam islam semuannya sudah diatur dari hal sekecil mungkin kedalam hal yang besar. Begitu juga dalam toleransi antar agama. Agama menyebutnya dengan sebutan at-tasamuh yang berarti membiarkan agama lain untuk menganut keyakinannya selama tidak menyakiti kaum muslimin. Sangat jelas disini bahwa yang diperbolehkan adalah membiarkan dan mengizinkan siapapun untuk menganut keyakinannya. Dan sangat jelas yang dilakukan aktor utama didalam film tersebut kurang tepat disaat dia masuk kedalam gereja dan ikut bernyanyi bersama yang lainnya. Dan itu tidak sesuai dengan akidah kita.

Begitu juga disaat si aktor utama menikah dengan aktor utama perempuan yang berbeda agama. Memang dalam pandangan kita ini sangat terasa romantis karena mampu menjalin hubungan tanpa melihat latar belakang. Tapi ini adalah akidah yang sudah diatur oleh allah. Kenapa harus kita elakkan kepercayaan itu dengan pikiran kita. Bukankah kita hanya ciptaan yang tidak begitu tau tentang apa yang kita butuhkan sendiri. Itulah yang saya maksud dengan hal yang tidak cocok menurut hemat saya.

Namun tetap film ini adalah film favorite saya. Sejauh ini saya sangat suka dengan akting aktor utama sahrul khan yang begitu lihat memerankan perannya sebagai seseorang yang berbeda dari orang-orang yang biasannya. Wah i love it lah pokoknya

Apalagi disaat sahrul khan yang berperan sebagai rizwan khan didalam film tersebut berbicara dengan polosnya tanpa ada ditutup tutupi. Terkadang saya juga merasa ingin menjadi seperti dia yang bisa meluapkan semuannya. Hehe

Itu saja untuk malam ini. Entah kenapa menjadi semakin malas menulis. Ini aja dipaksain hehe okey good bye.

22.07 | 14.11.07

Jum’at | selesai menonton my name is khan untuk kesekian kalinya.

Leave a Reply

