Selamat Hari Guru Sedunia Bagi Guru saya

PICT0077'Terima kasih yang tak tergambarkan hari ini saya haturkan kepada seluruh guru di dunia terutama guru guru yang pernah mendidik saya yang tidak bisa saya ucapkan satu persatu. kepribadian saya adalah hasil maha karya guru yang membentuk saya sedemikian rupa dan menempa saya sebegitu sabarnya. bahkan setiap kali orang membicarakan sesuatu dan saat itu saya sudah tau maka dalam pikiran saya tergambar kembali wajah guru-guru ku yang bersahaja dan penuh dengan kata-kata sarat makna. percayalah, sampai kapanpun, setua apapun, se pikun apapun aku kelak, wajah guru-guruku takkan mungkin terlupakan olehku. seribu salah cinta dan terima kasih dariku untuk guru-guruku.

Siapakah guru?. ini adalah pertanyaan yang super duper sederhana namun memiliki jawaban yang berbeda-beda. setiap orang mempunyai pandangan sendiri terhadap guru. orang mendefenisikan guru bukan dari penelitian, bukan juga saduran dari pemahaman profesor-profesor hebat. guru diartikan bukan dari akal saja tapi juga dari hati sehingga defenisi orang lain sulit diterima sebagai gambaran guru bagi kita sendiri. Jadi intinya saya akan menuliskan apa itu guru dalam pandangan saya.

Guru. Nama singkat sebuah profesi dalam bahasa indonesia namun berarti besar. Bagi saya guru adalah mereka yang mendidik saya dari hati, menuntun saya dengan sabar, dan mengayomi saya dengan ikhlas. Mereka adalah orang yang sangat berpengaruh bagi kehidupan saya. Mereka adalah malaikat berwujud manusia yang diberikan didalam cerita hidup saya. Dia adalah perpanjangan ilmu yang diberikan tuhan untuk menyampaikan ilmu itu kepada saya. Hem jadi semakin rindu kepada senyum setiap guru-guru saya yang terpancar setiap pagi hari menyambutku di gerbang sekolah dasar dan juga terbayang senyum sederhana nan ikhlas guru yang mengajariku di Sekolah Menengah Pertama dan Sekolah Menengah Atas. Rasanya ingin sekali mencium tangan mereka sebagai ucapan terima kasih atas jasa-jasa mereka yang masih terukir sampai saat ini.

Masih segar teringat dalam pikiran saya ketika ada beberapa guru yang masuk ke kelas dengan pakaian sederhana nan elegan dibarengi dengan ucapan salam yang tegas penuh semangat. Sang guru duduk di kursi dan membaca absen satu persatu dan bertanya jika ada salah seorang  siswa yang tidak hadir didalam kelas saat itu. Ini adalah cerminan perhatian guru yang menganggap siswa yang baru dia kenal beberapa tahun tapi para guru menganggapnya sebagai anak kandung mereka. Hemm mulia sekali engkau wahai guru.

Saya terkadang sedih ketika melihat beberapa guru yang berada di daerah terpencil menggunakan peralatan seadanya dan bayaran yang tidak bisa kita sebut pantas tapi mereka masih bisa tersenyum didalam kelas untuk memberikan ilmu kepada murid murid mereka. yang saya sedihkan adalah bagaimana para guru itu masih bisa tersenyum lebar kepada siswanya disaat kebutuhan dia sendiri tidak terpenuhi. Disaat dia mengkhawatirkan kebutuhan dapur dirumahnya dia masih bisa tersenyum kepada siswanya, disaat dia mengkhawatirkan tuntutan kebutuhan keluarganya dia tetap masih bisa tersenyum kepada siswa siswanya. Disaat dia teringat kepada tumpukan hutang hutang untuk memenuhi kebutuhannya dia tetap masih tersenyum lebar kepada siswanya. Hemmm siapakah engkau wahai para guru yang bisa seikhlas itu. Manusiakah atau malaikatkah?.

Sekarang . tak ada yang bisa saya berikan kecuali ribuan terima kasih beriring doa dengan tulus atas semua jasa jasamu. Tak ada yang bisa menggantikan jasamu dengan setimpal selain Allah. oleh karena itu tidak ada yang lebih cocok sebagai balasanmu melainkan balasan dari Allah. Semoga Allah memberikan keberkahan umur dan balasan yang layak untuk jasa jasamu di akhirat yaitu berupa SurgaNya.

Ucapan terima kasih dari muridmu.
PascaSarjanaUSK
05 Oktober 2015

Leave a Reply

