Wanita Makhluk Spesial

644036_533272056701565_1821608322_nSeseorang bertanya kepadaku tentang wanita. Aduh. Wanita terlalu kompleks untuk dijelaskan dalam gabungan kata ini. terasa tidak cukup padanan kata untuk menggambarkan keunikan dan kelebihannya. Ya. Sebanyak itulah hal yang perlu dipahami setiap lelaki untuk mengerti wanita. Hem andai saja sifat wanita dijelaskan secara rinci dalam Alquran sehingga lelaki seperti kami dengan mudah dapat mempelajarinya, pastilah mungkin banyak wanita yang bahagia hidupnya, baik diperlakukanya, dan terjaga hidupnya. Tapi saya yakin sekali ada sesuatu yang sangat baik dari kerumitan mereka sehingga Allah menyembunyikan kebenaran tentang mereka hanya bagi orang-orang yang mengerti benar akan titahNya. Munkin supaya tidak dipergunakan kejalan yang tidak benar, atau hal lain sebagainya. Intinya. Allah lebih tau kegunaan dari kerumitan mereka.

Sebenarnya banyak sekali kehebatan kaum wanita dibandingkan kita laki-laki. Hidup mereka penuh dengan keberkahan. Mereka di prioritaskan dalam Agama. Keamanan mereka juga didahulukan oleh negara. Bahkan mereka adalah makhluk spesial yang Allah kirimkan ke bumi untuk dijaga marwahnya dan dicukupkan kehidupannya melalui kita (laki-laki). Bayangkan. Ketika kecil seorang anak perempuan di jaga ketat oleh Ayahnya. Mereka dididik dan di tempa sedemikian baiknya sehingga mereka terbentuk menjadi insan yang baik budinya dan lembut perangainya sehingga setiap orang yang melihat mereka akan merasa senang jiwanya, setiap orang yang menyapanya akan merasa teduh hatinya.

Setelah kehidupanya memasuki usia dewasa, disaat orang tua mulai lemah. Orang tuanya mencarikan seorang lelaki lain yang akan menjagi penjaganya. Lelaki yang dipercaya orang tua mempunyai kehidupan yang mapan dan keseharian yang sederhana nan tawakal sehingga tak ada kekhawatiran didalam hati mereka disaat proses perpindahan tanggung jawab dalam menjaga wanita tersebut.

Kini wanita tersebut telah menjadi seorang istri. Namun tetap saja Allah terus membimbing para wanita dengan ketentuannya sehingga tiada seorang istripun yang sedih didalam hidupnya. Allah mengutarakan untuk berbuat baik kepada istri dan dan berlemah lembut kepadanya. Allah ingin mengajarkan kepada para suami bahwa mereka itu adalah berlian yang perlu diperlakukan layaknya berlian. Oleh karena itu Allah memberikan tanggung jawab yang sangat besar bagi seorang suami untuk memenuhi segala kebutuhannya, memastikan kebahagianya, dan menjaga perasaanya. Banyak Ayat dan Hadist yang menitahkan kepada para suami untuk tidak menyia-nyiakan tanggung jawab yang sudah Allah berikan.

Berselang puluhan tahun mereka semakin menua. Suami semakin lemah dalam menjalankan  tugas yang diberikan Allah kepadanya. Yaitu menjaga hidup wanita dan memastikan mereka terhidar dari kesedihan dan kejahatan orang lain. Apakah itu artinya hilanglah orang yang akan menjaga mereka?. Tidak. disaat mereka berdua semakin lemah, Allah kirimkan anak yang akan menjaga mereka sampai akhir hayatnya. Anak laki-laki mereka akan menjaga mereka layaknya seorang laki-laki, anak perempuan akan menjaga dan mengurusi mereka layaknya seorang perempuan yang tak henti memberikan kasih sayang kepada orang yang dikasihinya.

Bukankah begitu hebatnya dan berharganya para wanita sehingga Allah memberikan penjaga yang terus berganti didalam hidupnya supaya mereka tidak sedih dan terhindar dari malapetaka. Bukankah semua yang saya jelaskan diatas adalah tanda bahwa wanita adalah berlian yang paling berharga dibandingkan setiap segala sesuatu yang berharga di bumi ini. bahkan Allah sengaja memberikan batasan berpakaian dan berpenampilan untuk kesalamatan dan kebahagian mereka. Lihat betapa spesialnya mereka sehingga Allah sendiri memberikan perlindungan khusus kepada wanita dengan aturan tersebut.

Wanita malah adalah sumber terbesar dari pahala dan surga. Wanita adalah alasan terbesar kenapa sesorang memasuki surga ataupun memasuki neraka. Lihat saja, disaat masih kecil seorang anak perempuan adalah sumber pahala bagi orang tau mereka. Dengan mendidik mereka, orang tua mendapatkan pahala yang tidak terhitung jumlahnya. Ah aku semakin iri kepada mereka.

Setelah dewasa dan mereka telah menjadi istri bagi suaminya. Maka dengan membuat mereka bahagia, seorang suami akan mendapatkan surga. Dengan berbuat baik kepadanya, akan membuat surga terbuka untuk sang suami, dengan memenuhi kebutuhannya Allah menganggap seorang laki-laki sedang berjihad dijalan Allah. Mereka adalah surganya dunia dan jalan menuju surga diakhirat.

Bukan hanya itu. Disaat seorang wanita telah menjadi seorang ibu maka surga itu berada di kakinya. Taukah engkau kenapa surga itu ada di kaki mereka. Karena hanya dengan mematuhi dan menghormati merekalah surga bisa didapatkan oleh seorang anak. Mustahil seorang anak mencium bau surga jika ibunya tidak ridho kepadanya. Rasanya tidak bisa digambarkan kemuliaan para wanita dengan kata-kata. Karena dia adalah salah satu kunci surga bagi setiap kita. Tidak akan ada surga bahkan kita tidak akan mendapatkan harumnya surga jika kita tidak mentaati dan mematuhi ibu kita. Berbaktilah kepada orang tua kita terutama ibu jika ingin surga menjadi tempatmu.

OneForAll
Kamis, 15 Oktober 2015
Dedicated to My Mom.
I Miss Her So much.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s